Resep Kue Kering Coklat Bulan Sabit

Minggu lalu saya baru menyadari jika koleksi di blog tidak memiliki banyak resep kue kering coklat. Cake coklat berjibun banyaknya, namun kue kering coklat hanya cookies gluten free yang pernah saya buat untuk keponakan saya, Ellan, beberapa tahun yang lalu. Kala itu si kecil Ellan masih alergi dengan gluten, telur, dan aneka produk susu sapi. Syukur alhamdulillah sekarang Ellan sudah tidak alergi lagi terhadap ketiga produk tersebut dan bebas menyantap makanan apapun. Resepnya bisa diklik pada link disini.

Nah cookies gluten freenya sendiri walau tanpa telur, mentega, dan tepung terigu, serta banyak menggunakan bahan-bahan yang cukup sulit diperoleh namun rasanya sangat lezat. Renyah, tidak remah dan sangat garing, membuat saya berpikir untuk membuat versi biasa yang menggunakan bahan lebih terjangkau dan mudah didapatkan dimanapun. Jadi saat weekend lalu saya kemudian sedikit melakukan modifikasi pada resep, menggunakan tepung terigu, mentega, dan telur untuk membuat kue kering coklat yang garing ini. Kuncinya menurut saya pada pemakaian tepung kacang almond yang membuat kue menjadi renyah dan empuk.

Minggu lalu saya sebenarnya tidak berniat memasukkan kue kering dalam list makanan yang akan dimasak. Kue kering memerlukan ketelatenan ekstra sedangkan saat itu saya lebih menyukai memasak makanan yang cepat dan tinggal cemplang-cemplung saja tanpa perlu berpikir dan melakukan aktifitas timbang menimbang. Tapi lantas saya teringat masih memiliki \’hutang janji\’ dengan Meti untuk membawakannya kue buatan sendiri. Teman saya ini sering membantu pekerjaan kantor ketika saya sedang mengambil cuti. Jadi gift homemade sederhana seperti kue kering coklat yang renyah ini bisa menjadi bingkisan yang menyenangkan.

Membuat kue coklat ini tentu saja sangat mudah, yang diperlukan hanyalah waktu, karena untuk membentuk kue saya harus menggelindingkannya satu persatu ditelapak tangan dan membentuknya menjadi huruf U atau bulan sabit. Untungnya adonan kue sangat mudah dipermak dan tidak lengket jadi saya bisa mengerjakannya dengan cepat sambil mengawasi kompor yang menggelegak berisikan gulai cincang a la Padang yang menguarkan bau nan sedap. Resep gulai cincang menyusul ya.
Seperti yang saya sebutkan di paragraf awal, tepung almond membuat kue menjadi renyah. Teksturnya yang remah sangat membantu tekstur kue menjadi lebih berpori dan tidak padat, selain tentu saja memberikan rasa gurih khas kacang di kue. Saya tidak yakin apakah jika kacang almond diskip maka kue akan sama renyahnya, dan walau bisa digantikan dengan kacang tanah tumbuk namun menurut saya akan memberikan rasa yang berbeda di kue. Saya menggunakan kacang almond utuh yang masih memiliki kulit ari tipis kecoklatan, kacang beserta kulit arinya langsung saya blender dan masukkan ke dalam adonan.

Jika anda hendak melepaskan kulit ari kacang almond atau kacang tanah maka saya memiliki tips tokcer termudah yang bisa dicoba dirumah. Cukup dengan mendidihkan air di panci, masukkan kacang almond, rebus selama satu menit saja. Segera tiriskan dan siram dengan air dingin. Jangan lebih dari satu menit karena kacang akan menjadi lunak. Kacang kemudian siap dilepaskan dari kulitnya dengan memencetnya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Jemur atau angin-anginkan kacang hingga kering dan siap disimpan. Cara ini sangat mudah dan lebih cepat dibandingkan metode memanggang kacang hingga matang dan kemudian menggosok butirannya dengan kain kasar. Saya pernah memakai cara terakhir ini dan berakhir dengan kacang panggang berkulit ari. Kulitnya sama sekali tidak terlepas walau sudah digosok-gosok sekuat tenaga! ^_^

 

resep kue kering

Leave a Reply

